KOLABORASI
ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
AMI-C
(Automotive Multimedia Interface Collaboration) atau Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia adalah suatu organisasi dunia yang mengurusi atau
memberikan standar kepada perusahaan otomotif dalam membangun interface (antarmuka)
multimedia pada kendaraan yang akan diproduksi oleh perusahaan otomotif.
Sistem
multimedia yang ada di dalam sistem otomotif meliputi sistem dari kendaraan itu
sendiri, sistem kendaraan yang terhubung dengan mobile system, dan sistem
entertaiment (hiburan) yang ada di dalam mobil.
VISI DARI AMI-C
Semua
produsen otomotif dunia dan pemasok mereka mencapai konsensus tentang
persyaratan inti umum untuk informasi mobile dan sistem hiburan.
MISI DARI AMI-C
Membentuk
organisasi industri otomotif global yang didedikasikan untuk menciptakan
persyaratan umum yang:
·
Aktifkan
OEM untuk mengambil keuntungan dari perkembangan terkini dalam informasi mobile dan sistem hiburan
·
Aktifkan
pengurangan biaya untuk informasi mobile dan sistem hiburan
·
Meningkatkan
kepuasan pelanggan dengan informasi mobile dan sistem hiburan
·
Meningkatkan keamanan di dalam kendaraan operasi sistem informasi dan hiburan seluler
·
Meningkatkan
partisipasi dalam pengembangan informasi mobile dan sistem hiburan
·
Meningkatkan
kualitas informasi mobile dan sistem hiburan
SEJARAH AMI-C
Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMI-C) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil menunda
penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka
multimedia. Organisasi seperti Otomotive Multimedia Interface Kolaborasi
(AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi yang berbeda, Otomotive Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C)
mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis
otomotif ke Trade Association
1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
• AMI-C 3023 Power Management
Specification
• AMI-C 3013 Power Management
Architecture
• AMI-C 2002 1.0.2 Common
Message Set Power Management
• AMI-C 3034 Power Management
Test Documents
• AMI-C 4001 Revision Physical
Specification.
PERUSAHAAN YANG TERLIBAT AMI-C
Beberapa perusahaan terlibat
dalam organisasi AMI-C ini. Mereka bisa dibagi dua jenis yaitu perusahaan
otomotif-nya (Vehicle Coorporation) dan perusahaan pendukung (Support
Coorporation).
Yang menjadi Vehicle
Coorporation antara lain:
FIAT, Ford Motor Company
– General Motors
– Honda
– Nissan
– Toyota
– Renault
– PSA Peugeot Citroen
Yang menjadi Support
Coorporation antara lain:
- AAA
- ACUNIA
- Alpine Electronics
- B2i
- Delphi
- Denso Corporation
- Harmonia, Inc.
- dsb.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN AMI-C
KELEBIHAN AMI-C
·
Menyediakan
interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan
(mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer,
perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan
pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk
komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC)
sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti
airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan
berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
·
Memotong
biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan
hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan
yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas
hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dengan dunia luar.
KEKURANGAN AMI-C
Dengan
system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti
dijual dengan harga mahal.
SARAN
Saran saya adalah untuk lebih memperhatikan dari segi keamanan sistem ini. Karena keamanan sistem ini sangatlah dibutuhkan.
SUMBER
No comments:
Post a Comment