Sunday 12 October 2014

TELEMATIKA

PENGERTIAN : 

Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.

Awal mula Laboratorium Telematika berdiri pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Contoh dari hasil telematika yang paling populer adalah Internet. Dengan Internet semua masyarakat di dunia dapat berkomunikasi dengan teknologi informasi yaitu komputer / laptop dengan cangkupan yang sangat luas. Selain Internet, hasil dari perkembangan telematika yang sedang di kembangkan saat ini adalah GPS ( Global Positioning Satellite ). Beberapa perusahaan besar produsen mobil telah memasang GPS sebagai fitur dari produk mereka. Guna dari GPS disini adalah sebagai alat navigasi yang dapat membantu para pengendara.

http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://krichul.wordpress.com/2010/10/02/definisi-telematika/

PENJELASAN : 

Telepati merupakan suatu sistem jaringan komunikasi yang dilatar belakangi oleh teknologi informasi. Telematika ini sangat berguna untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan orang-orang dengan sangat cepat dan mencangkup seluruh dunia.Telematika sangat membantu/memudahkan manusia sekarang ini, contoh paling mudah dari telematika adalah internet, dengan menggunakan internet kita dapat mengakses apapun yang ingin kita akses, akan tetapi sebaiknya juga sebagai pengguna internet kita harus menyaring mana informasi yang benar mana informasi yang salah.


KELEBIHAN  : 

  • Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
  • Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
  • Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
http://charlesadewa7.wordpress.com/2014/10/05/pengenalan-telematika/


KEKURANGAN : 


  • Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
  • Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
  • Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
http://charlesadewa7.wordpress.com/2014/10/05/pengenalan-telematika/ 

SARAN :

Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang telematika ini. Dan saya berharap pemerintah dapat meningkatkan pendidikan di bidang informasi ini, agar masyarakat umum mengerti lebih banyak tentang telematika sehingga dapat meminimalisirkan kejahatan-kejahatan cyber.


 M.Bhovdair
- www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.gunadarma.ac.id

No comments:

Post a Comment