Sunday 9 November 2014

Layanan Pada Sistem Telematika



Layanan Telematika
layanan ini merupakan hubungan jaringan yang berdasarkan sistem telekomunikasi di mana berfungsi untuk mengirimkan data.

Layanan telematika digunakan dalam 4 bidang, yaitu ;
1.      Layanan Informasi
2.      Layanan Keamanan
3.      Layanan Context aware dan Event base
4.      Layanan Perbaikan Sumber

1.      Layanan Informasi

Perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat banyaknya informasi yang mudah didapat sehingga perlunya pelayanan-pelayanan yang memfasilitasi agar dapat mengakses informasi  - informasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pun telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat. Telematika ini harus lebih dikembangkan lagi supaya masyarakat dapat mengerti cara mengakses informasi tersebut dan  juga harus lebih disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menyerap informasi yang didapat di internet. Salah satu penggunaan sistem telematika pada layanan informasi adalah dengan adanya warung internet(warnet) sehingga dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

Contoh Layanan :
-          Informasi Berita
-          Informasi Cuaca
-          Hiburan
-          Informasi Peta



2.      Layanan Keamanan
Layanan keamanan ini berfungsi untuk mengamankan jaringan sehingga tidak dapat diakses secara sembarangan dan mengantisipasi ketika jaringan berhasil ditembus.
Layanan itu sendiri terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol dan penentuan akses control. Layanan keamanan juga berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak sesuai dengan fungsinya.

Contoh Layanan :
-          Menggunakan Firewall dan Anti-virus
-          Panggilan darurat
-          Informasi kendaraan, GPS

3.      Layanan Context aware dan Event base


Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness  layanan untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Layanan ini berfungsi untuk mempermudah user agar lebih mudah dalam mengakses informasi, dan komputer akan langsung mengeksekusi permintaan user tanpa diperintah oleh user. Karakteristik dari user, network, lingkungan itu disebut konteks, namun informasi konteks sendiri menjadi kompleks dan heterogen sesuai jenis layanan yang akan didukung.
Context awareness yang sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat yaitu LBS( Location-Based Service) di saat user ingin mengakses informasi keberadaan suatu tempat/ lokasi, maka layanan ini akan menampilkan lokasi-lokasi yang berbeda tergantung dari posisi si user tersebut. Dan layanan ini menampung beberapa informasi dari user-user lainnya yang menggunakan layanan tersebut.

Contoh Layanan :
-          Location Based Service

4.      Layanan Perbaikan Sumber

Yang dimaksud dari layanan ini adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Agar telematika dapat digunakan secara maksimal di masyarakat, maka dari itu Sumber Daya Manusianya lah yang harus dikembangkan.

Contoh Layanan :
-          Yellow Pages ( Buku Petunjuk Umum )
Kelebihan :
  • Pada layanan telematika dibidang informasi, masyarakat sudah mendapatkan layanan informasi yang cukup merata.
  • Pada layanan telematika di bidang keamanan, masyarakat merasa lebih aman karena dapat melaporkan sesuatu menggunakan teknologi yang ada (Handphone / Komputer ).
  • Pada layanan context aware dan event-base, dengan ini pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak/otomatis sistem yang telah mengatur agar pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan pengguna.
  • Pada layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon suatu instansi.

Kekurangan :
  • Pada layanan telematika bidang informasi, masih kurangnya kecepatan internet untuk layanan informasi ini sehingga masyarakat masih merasakan hambatan dalam mengakses suatu informasi.
  • Pada layanan telematika dibidang keamanan, keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
  • Pada layanan context aware dan event-base, pengguna tidak tahu/akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu.
  • Pada layanan perbaikan sumber, masyarakat harus melakukan pencarian informasi secara manual karena yellow pages masih berbentuk buku.
Saran :

Menurut saya layanan-layanan telematika di Indonesia sekarang ini sudah cukup bagus, akan tetapi masih perlu dikembangkan lagi agar masyarakat Indonesia tidak ketinggalan informasi dari luar negri.
Layanan-layanan seperti kecepatan internet pun perlu ditingkatkan sehingga memudahkan pengguna dapat mengakses informasi dengan cepat tanpa terhambat. Layanan-layanan yang seperti ini lah yang harus diperhatikan oleh pemerintah sekarang ini. Semoga saja dengan adanya pemerintahan baru ini, layanan-layanan telematika di Indonesia dapat lebih diperhatikan lagi.

Sumber :
http://charlesadewa7.wordpress.com/2014/10/29/layanan-dalam-sistem-telematika/
http://thefutureexpert-17111481.blogspot.com/2014/11/layanan-pada-sistem-telematika.html
http://mlikq.blogspot.com/2014/10/layanan-pada-sistem-telematika.html

No comments:

Post a Comment