Layanan Telematika
layanan ini merupakan hubungan jaringan yang berdasarkan sistem telekomunikasi di mana berfungsi untuk mengirimkan data.
Layanan telematika digunakan dalam 4 bidang, yaitu ;
1. Layanan
Informasi
2. Layanan
Keamanan
3. Layanan
Context aware dan Event base
4. Layanan
Perbaikan Sumber
1. Layanan
Informasi
Perkembangan teknologi yang semakin
maju ini membuat banyaknya informasi yang mudah didapat sehingga perlunya
pelayanan-pelayanan yang memfasilitasi agar dapat mengakses informasi - informasi. Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi pun telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat. Telematika
ini harus lebih dikembangkan lagi supaya masyarakat dapat mengerti cara
mengakses informasi tersebut dan juga
harus lebih disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjadi
kesalahpahaman dalam menyerap informasi yang didapat di internet. Salah satu
penggunaan sistem telematika pada layanan informasi adalah dengan adanya warung
internet(warnet) sehingga dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk
mengakses informasi yang dibutuhkan.
Contoh Layanan :
-
Informasi Berita
-
Informasi Cuaca
-
Hiburan
-
Informasi Peta
2. Layanan
Keamanan
Layanan keamanan
ini berfungsi untuk mengamankan jaringan sehingga tidak dapat diakses secara
sembarangan dan mengantisipasi ketika jaringan berhasil ditembus.
Layanan itu sendiri terdiri dari
enkripsi, penggunaan protocol dan penentuan akses control. Layanan keamanan
juga berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan atau beroperasi tidak sesuai dengan fungsinya.
Contoh
Layanan :
-
Menggunakan Firewall dan Anti-virus
-
Panggilan darurat
-
Informasi kendaraan, GPS
3. Layanan
Context aware dan Event base
Layanan Context Aware dan Event-Based
Context-awareness layanan untuk memahami si user, network,
lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai
kebutuhan. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data
dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang
digunakan user.
Layanan ini berfungsi untuk
mempermudah user agar lebih mudah dalam mengakses informasi, dan komputer akan
langsung mengeksekusi permintaan user tanpa diperintah oleh user. Karakteristik
dari user, network, lingkungan itu disebut konteks, namun informasi konteks
sendiri menjadi kompleks dan heterogen sesuai jenis layanan yang akan didukung.
Context awareness yang sudah banyak
dikembangkan oleh masyarakat yaitu LBS( Location-Based Service) di saat user
ingin mengakses informasi keberadaan suatu tempat/ lokasi, maka layanan ini
akan menampilkan lokasi-lokasi yang berbeda tergantung dari posisi si user
tersebut. Dan layanan ini menampung beberapa informasi dari user-user lainnya
yang menggunakan layanan tersebut.
Contoh Layanan :
-
Location Based Service
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Yang
dimaksud dari layanan ini adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia
(SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan
dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang,
pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga
pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Konsep
pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk
meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan
untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
Agar telematika dapat digunakan
secara maksimal di masyarakat, maka dari itu Sumber Daya Manusianya lah yang
harus dikembangkan.
Contoh
Layanan :
-
Yellow Pages ( Buku Petunjuk Umum )
Kelebihan :
- Pada layanan telematika dibidang informasi, masyarakat sudah mendapatkan layanan informasi yang cukup merata.
- Pada layanan telematika di bidang keamanan, masyarakat merasa lebih aman karena dapat melaporkan sesuatu menggunakan teknologi yang ada (Handphone / Komputer ).
- Pada layanan context aware dan event-base, dengan ini pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak/otomatis sistem yang telah mengatur agar pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan pengguna.
- Pada layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon suatu instansi.
Kekurangan
:
- Pada layanan telematika bidang informasi, masih kurangnya kecepatan internet untuk layanan informasi ini sehingga masyarakat masih merasakan hambatan dalam mengakses suatu informasi.
- Pada layanan telematika dibidang keamanan, keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
- Pada layanan context aware dan event-base, pengguna tidak tahu/akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu.
- Pada layanan perbaikan sumber, masyarakat harus melakukan pencarian informasi secara manual karena yellow pages masih berbentuk buku.
Saran :
Menurut
saya layanan-layanan telematika di Indonesia sekarang ini sudah cukup bagus,
akan tetapi masih perlu dikembangkan lagi agar masyarakat Indonesia tidak
ketinggalan informasi dari luar negri.
Layanan-layanan
seperti kecepatan internet pun perlu ditingkatkan sehingga memudahkan pengguna
dapat mengakses informasi dengan cepat tanpa terhambat. Layanan-layanan yang
seperti ini lah yang harus diperhatikan oleh pemerintah sekarang ini. Semoga
saja dengan adanya pemerintahan baru ini, layanan-layanan telematika di
Indonesia dapat lebih diperhatikan lagi.
Sumber :
http://charlesadewa7.wordpress.com/2014/10/29/layanan-dalam-sistem-telematika/
http://thefutureexpert-17111481.blogspot.com/2014/11/layanan-pada-sistem-telematika.html
http://mlikq.blogspot.com/2014/10/layanan-pada-sistem-telematika.html
No comments:
Post a Comment