Thursday 29 March 2012

HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Hubungan Manusia dan Kebudayaan

Kebudayaan itu adalah  ciri khas dari manusia yang menggunakan kebudayaan tersebut. Banyak sekali kebudayaan di tanah air kita ini . Kita harus menjaga budaya kita sendiri sebisa mungkin, kita harus melestarikan budaya-budaya lama yang dari dulu sudah ada .

Akan tetapi, itu semua tidak terpenuhi . Oleh karena itu, banyak budaya di tanah air Indonesia kita ini sudah mulai memudar, dan ada juga yang sudah direnggut oleh Negara lain. Hal ini terjadi karena kelalaian masyarakat kita sendiri dalam menjaga budaya nya sendiri, padahal kebudayaan ini adalah salah satu ciri khas manusia-manusia yang lahir dari tanah air Indonesia .

Bukan hanya itu, karena masyarakat Indonesia yang sudah larut dalam kebudayaan asing, kebudayaannya sendiri dilupakan dan ditelantarkan . Sehingga, banyak negara yang mengaku-akui kebudayaan bangsa Indonesia sebagai kebudayaannya .

Seharusnya ini menjadi tamparan yang pedas bagi masyarakat Indonesia, karena telah lalai menjaga kebudayaannya sendiri . Akan tetapi yang masih terjadi, masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan kebudayaannya sendiri .

Padahal, kebudayaan itu adalah identitas suatu Negara dan suatu bangsa, dan suatu ciri khas dari manusia .

Kesimpulannya, Manusia dan Kebudayaan itu saling berkaitan satu sama lain, sehingga hubungan Manusia dan Kebudayaan itu tidak dapat dipisahkan, bersifat erat .

No comments:

Post a Comment