Sunday 25 March 2012

ILMU BUDAYA DASAR

Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :

a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah) : Untuk mengkaji hal keteraturan dalam alam semesta digunakan metode ilmiah. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi . Hasil penelitiannya 100 % benar dan 100 % salah. Ilmu-ilmu alamiah seperti ; fisika,kimia, dan biologi .

b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial) : Untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hash penelitiannya tidak mungkin 100 % benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Ilmu-ilmu sosial seperti ; ekonomi, sosiologi, dan politik .

c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi :
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pemyataan-pemyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Peristiwa-peristiwa dan pemyatan-pemyataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisan-tulisan., Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.
Pengetahuan budaya ( The Humanities ) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup  keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang kcahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll. 
     Ilmu Budaya Dasar ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris disebut dengan Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut dengan istilah the humanities. pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk betbudaya ( homo humanus ), sedangkan Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Dengan pembagian kelompok ilmu di atas, Maka Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya (Humanities).

Mengapa kita harus mempelajari tentang Ilmu-limu Budaya (Humanities) ?
Karena kita harus mengerti akan norma-norma yang berlaku dalam suatu lingkup masyarakat, sehingga memiliki hubungan yg baik . Selain itu, ilmu budaya juga berfungsi untuk meningkatkan toleransi kita sebagai manusia yg tinggal di bangsa multikultural seperti Indonesia, beragam budaya yg hidup di Indonesia . Sehingga kita dapat menghormati perbedaan satu sama lain, dan saling hidup berdampingan .


Definisi Ilmu Budaya Dasar

   Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang diperoleh secara langsung ataupun tidak langsung dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak ada pembelajaran khusus mengenai ilmu ini, karena ilmu ini sering kita temukan dalam interaksi kita dalam bermasyarakat. Contohnya adalah komunikasi antar keluarga, dan teman yang mungkin kita dapat mengetahui bagaimana kita dapat memahami sifat dan karakter setiap orang.


Begitupun dalam bermasyarakat, dalam interaksi kita harus memahami norma-norma dalam masyarakat agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.


Tujuan Ilmu Budaya Dasar
    Ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritisnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Contoh tujuan ilmu budaya dasar ;
  • Lebih mengenali dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
  • Sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat
  • Mampu menghargaidan menghormati budaya yang ada disekitarnya

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Dua masalah pokok bisa dipakai sebagi bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ;


1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ), baik dari segi masing-masing keahlian ( disiplin ) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.


2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.







Refrensi : http://dimazmarham.blogspot.com/2010/04/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html

No comments:

Post a Comment